Selasa, 14 Juni 2016

Resep Membuat Ciwel Khas Kebumen

Resep Ciwel Khas Kebumen – Kebumen merupakan kota yang ada di Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan bahasa ngapaknya. Di balik semua itu, terdapat sajian unik dalam kota tersebut. Sajian-sajian yang akan kami sebutkan kali ini sebagian sudah dikenal masyarakat luas dan sebagian lainnya masih masyarakat Kebumen saja yang tahu. Bila Anda sudah penasaran, ikuti terus tulisan ini!

Ada sate ambal, lanting, soto petanahan dan juga kue lupis. Lanting adalah jajanan khas Kebumen yang sudah banyak dijual di swalayan maupun toko-toko terdekat di kota Anda. Makanan berwarna kuning ini memiliki bentuk yang unik, ada yang bulat dan ada pula yang seperti angka ‘8’. Tentu saja, sebelum Anda membaca resep ciwel khas Kebumen ini Anda belum tahu nama makanan tersebut, bukan?
Ciwel Khas Kebumen
Ciwel Khas Kebumen
Ya, benar. Resep yang akan kami bahas kali ini sudah disebutkan dalam paragraf sebelumnya. Ciwel sendiri adalah makanan atau lebih tepatnya jajanan khas Kebumen yang berbahan utama singkong. Uniknya, dalam resep ciwel khas Kebumen makanan ini diberi pewarna dari batang padi. Bagaimana cara membuat pewarna tersebut, Anda bisa membacanya nanti dalam ulasan resep yang lebih lengkap.

Hidangan ini juga disajikan bersama pemanis dari campuran kelapa parut dan gula pasir. Ada pula yang menggunakan gula merah dalam resep ciwel khas Kebumen, sesuai selera.

Bahan:

  • 1.000 gram singkong
  • Pewarna dari batang padi secukupnya
  • Kelapa secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Plastik secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan- bahan dan alat yang diperlukan seperti tungku atau kompot, lagsang, baskom, wajan dan parutan kelapa untuk proses pembuatan hidangan ini
  2. Kedua, kupaslah singkong tersebut dan cuci dengan air sampai bersih. Setelah itu, parut sampai lembut dan capit supaya menjadi kering. Sisihkan
  3. Buat pewarna dari batang padi dengan membakar batang padi tersebut lalu didinginkan. Saring batang padi tersebut sebanyak tiga kali, lalu aduk rata
  4. Setelah itu, kukuslah pewarna tersebut selama setengah jam lalu haluskan dengan cara ditumbuk
  5. Selanjutnya, beri minyak pada singkong yang sudah dicapit supaya tidak lengket lalu beri air sedikit supaya tidak keras.
  6. Berikutnya, tumbuk singkong hingga halus kemudian taruh di plastik untuk proses pencetakan
  7. Potong-potong ciwel mengikuti garis dalam plastik atau sesuai selera. Lalu sajikan di piring saji, sementara menunggu pemanisnya dibuat
  8. Parutlah kelapa yang telah disiapkan, lalu masak bersama air secukupnya. Beri gula dan masak kembali sampai matang
  9. Terakhir, sajikanlah pemanis tersebut bersama ciwel dan segera nikmati!

Baca Juga : Resep Membuat Cakalang Garo Rica Khas Sulawesi Utara
Demikianlah resep ciwel khas Kebumen yang bisa Anda coba setelah ini. Selamat mencobanya dan semoga berhasil. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

← Prev Next → Beranda